ALLAH TEMPAT MEMINTA

ALLAH TEMPAT MEMINTA



ALLAH TEMPAT MEMINTA


ALLAH TEMPAT MEMINTA

اللَّهُ الصَّمَدُ.

  • "Allah tempat meminta segala sesuatu." (QS. Al-Ikhlas : 2)
    .
    .
    ALLAH,allah face,facts about allah,allah videos,allah arabic,allah miracles,allah moon god,what does allah look like,allah definition

    Ibnu Katsir: Yakni yang menjadi tempat bergantungnya setiap makhluk dalam memenuhi kebutuhan mereka dan dalam menghadapi permasalahan mereka. Ibnu Abbas mengatakan, "Dia dalah tuan yang sifat "Tuan"-nya telah sempurna. Dia adalah yang Maha Mulia, yang kemuliaan-Nya telah sempurna. Dia adalah Yang Maha Agung yang keagungannya telah sempurna. Dia adalah Yang Maha Dermawan, yang kedermawanan-Nya telah sempurna. Dia adalah yang Maha Tahu yang pengetahuan-Nya telah sempurna. Dia yang Maha Bijaksana yang kebijaksanaan-Nya telah sempurna. Dia adalah Dzat yang seluruh sifat-sifat-Nya telah sempurna. Dia adalah Allah Yang Maha Suci. Tidak ada bandingan dan tidak ada yang sepadan dengan-Nya. Maha suci Allah Yang Maha Esa lagi Maha Perkasa." Al-Amasy mengatakan, "Ash-Shamad adalah Tuan yang yang sifat ke-Tuanan-Nya telah mencapai batas paling tinggi."
    .
    Hasan dan Qatadah mengatakan, "Dia yang kekal." Al-Hasan juga mengatakan, "Ash-Shamad, yakni Yang Maha Hidup, Maha Kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya). Ar-Rabi bin Anas mengatakan, "Dia adalah Dzat yang tidak melahirkan dan tidak dilahirkan."
    .
    Ibnu Mas'ud, adh-Dhahak dan as-Sadyi mengatakan, "ash-Shamad, yakni yang tidak ada celah sedikit pun padanya." Mujahid mengatakan, "Ash-Shamad, yakni sesuatu yang tidak berongga dan tidak memiliki celah (kelemahan)." Asy-Sya'bi mengatakan, "Dia adalah Dzat yang tidak memakan makanan dan tidak meminum minuman." Setelah melihat berbagai pendapat tentang lafadz Ash-Shamad tersebut, al-Hafidz Abul Qasim Ath-Thabrani mengatakan. "Semua pendapat tersebut benar adanya, yaitu sifat-sifat yang ada pada Dzat Tuhan kita. Dia adalah tempat bergantungnya makhluk dalam setiap kebutuhan, Dia adalah Dzat yang sifatnya sempurna, tidak ada celah ataupun rongga, Dia tidak makan dan tidak minum. Dan Dia adalah Dzat yang Maha Kekal."
    .
    .
    .
    sumber Al-Qur'an Mufassir 6 ringkasan tafsir 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MALAIKAT TAK MAMPU MENULISKAN PAHALANYA

TIPS AGAR PERIMINTAAN PERTEMANAN KITA DITERIMA

Cara Menghitung Harga Jual